Rabu, 05 Januari 2011

FAKTA - FAKTA ANEH


Menara Pisa Salah Desain
            Menara Miring di Pisa, Italia demikian karena salah desain. Bonanno Da Pisa sang arsitek, melakukan kesalahan saat membangun menara itu di tahun 1174. Kesalahannya adalah mendirikan pondasi hanya sedalam 3 meter. Bisa dibandingkan dengan tinggi menara yang mencapai 56 meter.
          Akibatnya, di tengah pelaksanaan proyek, tanah di sekitar menara bergeser, dan menara itu menjadi miring, sehingga proyek harus dihentikan. Proyek pembangunan dilanjutkan kembali dan selesai di tahun 1350 dengan tiga dari delapan tingkatnya di bangun vertical untuk mengubah titik gravitasi menara yang telah melenceng hamper 5,1 meter dari desain semula.
          Walaupun sudah dikoreksi, menara itu tetap bergerak miring beberapa milimeter per tahun.

Budaya Aneh
            Pada beberapa kebudayaan di dunia, termasuk diantaranya pada beberapa suku India Amerika Tengah, dan Kaum Thracia dari daerah Bulgaria, kelahiran disambut dengan kesedihan sementara kematian disambut dengan kegembiraan.
          Ketika seorang bayi baru lahir, maka keluarganya akan duduk mengelilingi sang bayi sambil meratapi kesusahan-kesusahan yang akan dialami sang bayi di masa hidupnya mendatang. Sebaliknya, saat menghadiri kematian, para tamu yang hadir justru tertawa dan melawak di depan orang yang telah meninggal, karena mereka percaya bahwa orang yang mati sedang menuju ke negeri kebahagiaan.
           Terkadang, istri atau hewan kesayangan milik orang yang mati ikut di bunuh, sehingga mereka pun dapat turut bersama berbahagia di alam baka.

Thomas Alva Edison
          Apa jadinya jika anda tuli, terlahir miskin, dan bahkan di cap idiot oleh sebagian orang? Jangan putus asa, lakukan sesuatu, maka anda mungkin akan dikenang sepanjang masa. Ada seorang anak yang telinganya tuli sebelah dan dianggap idiot sehingga dikeluarkan dari sekolah.
          Namun, berkat bimbingan ibunya, plus ketertarikannya pada ilmu pasti, ia banyak melakukan penelitian dan pengamatan terhadap banyak hal. Karena hobinya itu, hingga dewasa ia kemudian menemukan banyak hal, bahkan lebih dari seribu penemuan. Satu ucapannya yang terkenal hingga kini adalah “bakat itu adalah 1% ilham ditambah 99% kerja keras”.
          Sosok itu adalah Thomas Alva Edison, sang raja penemu sepanjang masa.

Mengapa Ular Menjulurkan Lidahnya
          Ada satu alasan utama mengapa ular selalu menjulur-julurkan lidahnya. Ular tidak memiliki telinga, namun ular memiliki lidah yang sangat sensitive terhadap getaran udara. Dengan menjulurkan lidahnya ular menangkap suara dan bau, dan lidah ular adalah indera utama baginya.
          Bunyi seruling yang dimainkan oleh para pawang ular di India tidak pernah di dengar ular. Ular tersebut hanya tertarik dengan gerakan seruling dan kepala sang pawang.

Restoran Cepat Saji Terdingin
          Dimanakah restoran cepat saji terdingin di dunia? jawabannya adalah di Mc.Donald di kota kecil Pitea Sweden, 465 mil utara Stockholm. Suhu kota tersebut sekitar 60 derajat Farenheit, dengan hanya 4 jam sehari matahari bersinar. Anda tidak bisa menggunakan mobil untuk membeli burger, tapi anda harus segera malahap makanan cepat saji anda karena burger dan kentang goreng akan membeku sangat cepat.

Kota Terkecil di Dunia
          Tahukah kamu kota terkecil di dunia, baik dalam hal ukuran kota maupun jumlah penduduk? Itulah kota HUM yang terletak di Kroasia dengan jumlah penduduk hanya 23 orang. Kota tua ini didirikan pada tahun 1102 yang sebelumnya bernama Cholm, yang masih memiliki arsitektur gedung pada zaman abad pertengahan.
          Sementara, kota Roma adalah kota pertama yang jumlah penduduknya mencapai 1 juta orang pada tahun 133 SM.      

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More